RSS

Welcome to My Blog~


Selamat Datang di Blog ini, Pada Blog ini saya akan menyediakan sejumlah Info mengenai Perang Dunia II~

Semoga Bermanfaat bagi kalian yang membutuhkanya serta saya mengucapkan Terima Kasih kepada kalian yang telah mengunjungi Blog ini~

Saturday 20 February 2010

Waffen SS : Pasukan Elite NAZI

Pasukan Waffen SS

Waffen-SS adalah unit bersenjata dari barisan pengawal Hitler yang ditakuti, SS atau Schutzstaffel. Pada mulanya, Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya mereka.

Unit ini terbentuk dari tiga bagian SS, yaitu :
+Leibstandarte (pasukan pengawal pribadi Hitler)
+SSVT (SS-Verfuegungstruppe, atau pasukan khusus SS)
+SSVT (SS-Totenkopfverbaende, unit penjaga kamp konsentrasi SS).

Ketiganya, beserta sebuah unit kepolisian yang dimiliterisasikan, digabungkan di bawah bendera Waffen-SS pada bulan Desember 1940. Selama Perang Dunia II, kekuatan Waffen-SS membengkak menjadi kira-kira 40 divisi. Akan tetapi tidak semuanya beranggotakan orang Jerman. Ketika jumlah korban semakin meningkat, Waffen-SS menerima para sukarelawan asing untuk bertempur di bawah panjinya. Dimulai dari orang-orang Eropa Barat yang dianggap berkerabat dengan orang Jerman (Skandinavia, Belgia, Perancis, dan Belanda), barisan bersenjata SS ini kemudian dibanjiri oleh para sukarelawan Ukraina, Rusia, Kosak, Baltik, kaum Muslim Balkan, Soviet serta India). Di medan perang, Waffen-SS, terutama divisi-divisi panzernya, sangat disegani oleh lawan maupun kawan. Akan tetapi kebanyakan unit lainnya, terutama yang berasal dari sukarelawan Balkan dan Uni Soviet kebanyakan tidak terpercaya. Setelah perang, unit ini dihukum oleh Pengadilan Nuremberg sebagai sebuah organisasi kriminal. Hal ini bukan hanya dikarenakan keterkaitannya dengan kamp-kamp konsentrasi dan unit-unit pembunuh mobil SS namun juga karena tindakan kekejaman terhadap penduduk sipil maupun tawanan perang yang dilakukan sejumlah unit tempurnya.

No comments:

Post a Comment